Loading...

PT. Surya Energi Indotama

Logo Surya Energi
Sei

Menyelami Keajaiban Panel Surya Terbesar di Gurun Kubuqi, Inner Mongolia, China

  • Sei

By Admin

July 22, 2024

Di tengah Gurun Kubuqi yang luas di Dalad Banner, Ordos, Inner Mongolia, China, terdapat sebuah instalasi panel surya yang mengesankan. Instalasi ini bukan hanya menjadi simbol kemajuan teknologi energi terbarukan, tetapi juga mampu memberikan energi listrik yang cukup untuk 3.600.000 rumah tangga setiap tahunnya.

Kota Ordos ini terkenal dengan kekayaan alamnya, terutama batu bara yang melimpah bahkan pernah menjadi kota dengan PDB per kapita terbesar di Tingkok. Namun dengan adanya Pembangkit Listrik Tenaga Surya ini dapat menghemat 4,96 juta ton batu bara per tahun dan mengurangi emisi karbondioksida sebesar 13,5 juta ton per tahun.

Proyek yang sudah dimulai sejak tahun 2017 ini diperkirakan akan selesai pada tahun 2025 mendatang. Dan jika kita berbicara mengenai sebesar apa proyek ini maka skala luas instalasi panel surya ini mencakup area yang sangat besar, menutupi sebagian dari Gurun Kubuqi yang kering dan tandus. Luasnya mencapai 18.600 hektar dengan panjang 400 km dan lebar 5km. Ini mencerminkan komitmen dalam mengoptimalkan sumber daya alam yang tersedia untuk energi terbarukan.

Dibalik megahnya proyek yang dibangun diatas gurun ini bukan tanpa tantangan. Proyek ini mencerminkan keterampilan teknis tinggi dalam merancang dan membangun infrastruktur yang stabil dan berkelanjutan di lingkungan yang keras. Inisiatif seperti instalasi di Gurun Kubuqi ini menunjukkan peran utama China dalam mengadopsi dan mempromosikan energi terbarukan sebagai bagian dari strategi nasional untuk mengurangi jejak karbon global.

Daya yang dihasilkan setelah keseluruhan proyek selesai pada tahun 2025 diperkirakan dapat menghasilkan kapasitas terpasang mencapai 12 juta kilowatt dan dapat menghasilkan 24 miliar kWh per tahun yang artinya dapat memenuhi kebutuhan Listrik 3.600.000 rumah tangga dalam setahun. Yang dimana energi Listrik tersebut akan di distribusikan ke kota cangzheu Hebei dan Xiong’an New area.

Instalasi panel surya di Gurun Kubuqi, Inner Mongolia, China, bukan hanya merupakan sebuah prestasi teknis, tetapi juga simbol dari komitmen global dalam mencapai keberlanjutan energi dan perlindungan lingkungan. Dengan terus mendorong batas-batas inovasi, proyek ini memberikan harapan akan masa depan yang lebih bersih dan berkelanjutan bagi seluruh dunia.

Source : Youtube Rudy Chen

Sei

Eksplorasi Energi Terbarukan di Laut: PLTS Off Grid Offshore Santos, Madura

  • Sei

By Admin

July 15, 2024

Kesuksesan SEI sebagai Perusahaan EPC telah terbukti, salah satunya dengan keberhasilannya dalam membangun proyek PLTS Off Grid Offshore Santos, Madura yang rampung di tahun 2014 lalu. Instalasi ini mampu menyediakan sumber energi yang stabil di lokasi yang terpencil dan sulit dijangkau dan menjadi tonggak penting dalam eksplorasi energi terbarukan di perairan lepas.

Proses pengiriman komponen proyek ini menjadi tantangan tersendiri. Karena lokasi yang terpencil di tengah laut, pengiriman peralatan harus dilakukan dengan menggunakan kapal laut. Metode ini tidak hanya menunjukkan inovasi dalam logistik, tetapi juga kehandalan dalam menghadapi tantangan geografis yang kompleks.

PLTS Off Grid Offshore Santos Madura tidak hanya mewakili pencapaian teknologi yang maju dalam pemanfaatan energi terbarukan, tetapi juga merupakan bukti nyata komitmen SEI terhadap keberlanjutan lingkungan. Dengan penerapan teknologi ini, diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi pengembangan proyek serupa di wilayah-wilayah terpencil lainnya di seluruh dunia.

Sei

Tingkatkan Nilai Properti Dengan Memasang PLTS Atap, Berikut Penjelasanya!

  • Sei

By Admin

July 11, 2024

Pemanfaatan Energi Terbarukan semakin menjadi sorotan utama di era modern ini. Salah satu solusi yang semakin diminati adalah Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk atap rumah.
PLTS atap bukan hanya membantu mengurangi emisi karbon, tetapi juga dapat menghemat biaya tagihan listrik jangka panjang.

Meskipun investasi awalnya cukup tinggi, PLTS atap menawarkan beberapa manfaat jangka panjang yang signifikan antara lain sebagai berikut :

  1. Penghematan Energi
    Menggunakan energi matahari sebagai sumber energi utama dapat mengurangi tagihan listrik bulanan. PLTS atap mampu menghemat tagihan listrik kurang lebih 30%.
  2. Pengurangan Emisi Karbon
    Mengurangi ketergantungan pada energi fosil membantu mengurangi emisi gas rumah kaca dan mendukung lingkungan yang lebih bersih.
  3. Nilai Tambah Properti
    Rumah yang dilengkapi dengan PLTS atap cenderung memiliki nilai jual yang lebih tinggi, serta menambah estetika pada atap rumah sehingga dapat menarik calon pembeli yang peduli terhadap lingkungan.

Oleh sebab itu, pemasangan PLTS atap merupakan langkah positif dalam mendukung energi baru terbarukan dan mengurangi biaya tagihan listrik jangka panjang.

Meskipun memerlukan investasi awal yang tinggi, manfaat jangka panjang memasang PLTS atap menjadi pilihan menarik bagi mereka yang peduli terhadap lingkungan.

Dengan memperhitungkan semua faktor biaya dan manfaatnya, keputusan untuk memasang PLTS atap dapat menjadi investasi yang bijak dan berkelanjutan.

Yuuk, beralih menuju energi terbarukan bersama SEI !

Sei

PLTS 176 kWp Tanamalala Resmi Beroperasi 24 Jam

  • Sei

By Admin

July 2, 2024

Kabar Baik untuk Teman SEInergi, Tepat ditanggal 12 Juni 2024, PLTS 176 kWp yang berlokasi di Desa Tanamalala, Kecamatan Pasimasunggu, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan telah diresmikan.

Berkontrak dengan PT PLN (Persero), SEI berperan sebagai perusahaan EPC sukses merampungkan projek PLTS 176kWp yang akan dioperasikan selama 24 jam untuk memenuhi kebutuhan 126 Kepala Keluarga di wilayah tersebut.

PLTS yang dibangun di atas lahan 4 ribu meter persegi ini diresmikan langsung oleh GM PLN UID Sulselrabar bersama Bupati Selayar, turut hadir Madhan Wisnu selaku perwakilan dari SEI, Pemkab Selayar, Forkopimcam serta perangkat desa setempat.

Usai peresmian, dilakukan tinjauan langsung panel surya serta ruang operasional PLTS dan melakukan penyalaan perdana di salah satu rumah pelanggan.

Menjadi kebahagiaan masyarakat di Tanamalala bahwasanya kini mereka dapat menikmati listrik tanpa kendala, lebih hemat dan ramah lingkungan.

Hubungi Kami: