PLTS Terbesar di Indonesia Diresmikan langsung oleh Bapak Presiden Jokowi

Pada hari minggu (27/12/2015) di Kupang Tengah, Nusa Tenggara Timur tepatnya di Desa Oelpuah, Presiden Joko Widodo meresmikan Independent Power Producer Pembangkit Listrik Tenaga Surya(IPP PLTS) 5MWP yang dibangun oleh PT LEN Industri (Persero) yang bertindak sebagai IPP.

PLTS 5MWp ini merupakan PLTS terbesar yang pernah di bangun di Indonesia. PT Surya Energi Indotama yang berperan sebagai EPC untuk proyek PLTS tersebut ikut merasa bangga karena proyek dapat dikerjakan lebih cepat dari yang diperkirakan. Pembangunannya dimulai pada Januari 2015 dan ditargetkan selesai pada Juni 2016.

“Ini yang pertama bisa dikerjakan dalam sembilan bulan. Bauran energi, kombinasi seperti ini ramah lingkungan,” ujar Jokowi dikutip dari Tim Komunikasi Presiden, Minggu (27/12/2015).

Sistem PLTS yang digunakan adalah sistem Grid-Connected dimana pembangkit tenaga surya bekerja secara paralel dan terhubung langsung dengan jaringan listrik utama. Karena itu, PLTS ini tidak menggunakan sistem baterai karena listrik yang dihasilkan langsung dialirkan ke jaringan listrik eksisting pada siang hari. Sistem ini terdiri dari rangkaian panel modul surya, sistem inverter, sistem proteksi elektrik, dan perangkat interkoneksi jaringan.

Sistem PLTS Grid-Connected ini sudah dibangun di dua lokasi di Bali (Bangli dan Karangasem) dengan total
daya masing-masing sebesar 1 MWP.

Sumber : nasional.kompas.com dan berbagai sumber